pengertian-nilai-sosial

Pengertian Nilai Sosial Beserta Sumber, Klasifikasi, Ciri dan Jenisnya

pengertian-nilai-sosial

Pengertian Nilai Sosial

Nilai sosial merupakan sesuatu yang diaggap serta menjadi cita-cita oleh masyarakat dan sangat berharga bagi kehidupan. Nilai sosial sangat dibutuhkan oleh manusia karena menjadi suatu pedoman yang berguna untuk dapat mengatur  perilaku seseorang dalam sosialisasi.

 

Sumber Nilai Sosial

Dalam nilai-nilai sosial, sumber-sumber yang ada dalam masyarakat dibedakan menjadi 2 antara lain sumber ekstriksik dan intrinsik.

Sumber intrinsik merupakan sumber nilai sosial yang asalnya dari dalam diri manusia itu sendiri yang berupa hakikat dan mertabat. Dalam sumber intrinsik ini memiliki sikap yang ramah, kepribadian yang baik, sopan santun serta selalu berprilaku  sesuai dengan norma-norma yang ada yang baik.

Sumber ekstrinsik merupakan sumber nilai sosial yang berasal dari luar diri manusia. Biasanya bersifat tentang kebendaan, seperti keinginan-keinginan dunia contohnya memiliki tanah, rumah, kendaraan dan lain-lain yang bersifat kebendaan dunia.

 

 

Klasifikasi Nilai Sosial

Apabila diklasifikasikan nilai sosial terdiri dari beberapa  bagian. Nah pada penjelasan kali ini saya akan menjelaskan klasifikasi nilai sosial menurut Walter G. Everett. Klasifikasi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut

  1. Nilai-nilai rekreasi (recreation values) merupakan nilai yang meliputi nilai-nilai permainan ketika waktu senggang, serta adanya sumbangan untuk mensejahterakan kehidupan serta kesegaran jasmani dan rohani manusia.
  2. Nilai-nilai kejasamanian (body value) merupakan nilai yang meliputi nilai-nilai dalam mendapatkan pengetahuan serta pencarian pengetahuan
  3. Nilai-nilai perserikatan (assosiation value) merupakan nilai yang meliputi nilai-nilai perserikatan manusia, persahabatan, kerabat, keluarga serta kehidupan dalam internasional
  4. Nilai-nilai watak (charakter value) merupakan nilai yang menaku tantangan serta kesalahan-kesalahan pribadi seseorang termasuk juga keadialan, mengontrol diri serta adanya kesediaan dalam menolong.

 

Ciri-ciri Nilai Sosial

Dalam nilai sosial ini juga memiliki ciri-ciri yang dapat dijelaskan sebagai berikut

  1. Dapat mempengaruhi perkembangan emosi seseorang, baik itu berupa fisik ataupun mental
  2. Nilai sosial dapat terbentuk melalui proses belajar
  3. Nilai sosial merupakan hasil dari interaksi sosial antara masyarakat dan warganegara
  4. Dapat membantu masyarakat agar dapat berfungsi dengan baik.
  5. Tradisi yang selalu diturunkan secara turun temurun diantara anggota dalam masyarakat
  6. Sistem nilai bervariasi antara satu kebudayaan dengan kebudayaan yang lainnya disesuaikan dengan pola kebudayaan masing-masing.
  7. Nilai sosial dapat memberi dampak terhadap perilaku manusia, seperti menggagap uang sebagai sumber kebahagiaan.

 

 

Jenis Jenis Nilai Sosial

Nilai nilai sosial yang ada pada masyarakat terbagi menjadi beberapa jenis. Menurut salah satu ahli, nilai sosial dapat dibagi menjadi 3 diantaranya nilai vital, nilai kerohanian dan nilai material. Untuk penjelasannya adalah sebagai berikut.

  1. Nilai vital
    Nilai vital merupakan nilai yang memberikan anggapan bahwa semua hal dapat berguna bagi manusia dalam melaksanakan aktivitas kegiatannya.
    Contohnya seperti mamiliki  kendaraan bermotor yang dianggap sangat penting bagi manusia sebagai alat transportasi.
  2. Nilai material
    Nilai material merupakan anggapan tetang segala hal yang berguna bagi kehidupan manusia.
    Contohnya uang yang dianggap mampu membantu manusia dalam pemenuhan kebutuhan manusia.
  3. Nilai kerohanian
    Nilai kerohanian merupakan anggapan bahwa segala hal dianggap berguna bagi rohani manusia. Dalam nilai kerohanian ini dapat diklasifikasikan lagi menjadi beberapa bagian seperti nilai kebenaran, nilai kebaikan, nilai religius, nilai keindahan.

 

Sumber : https://www.ruangguru.co.id/